Sponsor

Website si kembar Dina Faisal & Dita Faisal

Cara Ciptakan Jutaan Warna dari 3 Warna Dasar


Teknik Dasar Warna Primer (Biru, Kuning, Merah) 



Siapa bilang mewarnai itu sulit? Kalau kita tau cara mencampur warna dengan benar, tentu semua jadi gampang. Yang penting komposisinya harus pas, ukurannya harus sesuai. Jangan kebanyakan dan jangan juga terlalu sedikit. Sebagai contoh, untuk menghasilkan warna gelap, campurkan saja setitik wara hitam. Ingta ya, cuma setitik. Karena setitik warna hitam bisa merubah warna utama. Hitam bisa merubah warna. Sebalinya, kalau kita meu menghadirkan warna cerah, dan warna-warna pastel (soft), maka campurkan warna putih ke dalam cat yang ingin di campurkan.  Oleh karena itu, kalau agi cari baju, dan mau mix and match-in baju maka gabungkan aja pakaian berwarna pastel dengan putih, pasti cocok.  Misalnya, pakai baju pink pastel bawahnya putih. Kemeja biru pastel, rompinya putih. Ahh.. udah pasti cocok deh. 

Ilmu soal teori warna ini saya apatkan dari Ibu Atitje Aryman. Bu Atitje adalah pakar tekstil di Indonesia. Saya dan teman-teman adalah orang yang sangat beruntung pernah mengenal Bu Atitje.Prbadinya disiplin, tegas, dan selalu menekankan kejujuran membuat kita banyak menyerap filosofi dalam hidup. Bahkan dari warna aja, Bu Atitje bisa kita bisa meihat makna yang tersirat. 


Kelas Teknik Pencampuran Warna oleh Atitje Aryman di Jakarta Selatan (2016)
Saya, saudara kembar saya Dina dan suaminya bernama Lalu, Puput dan suaminya bernama Gilang, kita berlima rutin seminggu sekali ke rumah Bu Atitje Aryman di kawasan Duren Tiga Jakarta Selatan. Disana kita diajari teknik pencampuran warna dari 3 warna dasar, yaitu merah, kuning, dan biru. Sementara hitam dan putih bukan termasuk kategori warna. Karena Hitam & Putih termasuk kategori pencampur warna. 


Taukah kamu, bahwa ternyata untuk menghasilkan jutaan warna di dunia ini, kita hanya memerlukan 3 warna dasar, yaitu  Biru, Kuning, dan Merah. Wah, kayaknya sih gak mungkin. Tapi, saya sudah membuktikannya loh bersama teman-teman. Foto ini adalah sebuah gambaran bahwa kita sudah membuktikannya. 


Warna hasil pencampuran dengan putih
 Nah, biar kamu gak penasaran darimana asal jutaan warna berasal. Mari  kita simak teknik pewarnaan yang dihadirkan oleh Dina Faisal dalam video  berikut ini:




Bagaimana??? Tertarik untuk mencoba???
Semakin sering berlatih, maka anda pasti semakin mahir  

Sudah bisa???
Yukkk Berbagi Ilmu !!!

Posting Komentar

0 Komentar