Sponsor

Website si kembar Dina Faisal & Dita Faisal

Cara Memasak Shabu-Shabu Sendiri di Rumah


Masakah Jepang yang satu ini selalu menjadi favorit pemburu kuliner ketika berada di Jepang. Sebenarnya gak cuma di Jepang saja sih, di Indonesia juga restoran-restoran dengan menu khas Jepang selalu ramai dikunjungi.

Di Jepang, harga Shabu-Shabu berikisar antara 1.990-3.870 Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp260.000-510.000 per orang. Harga ini tergantung dari varian menu yang dipilih.


Tak jauh berbeda dengan restoran Jepang di Indonesia, seperti Hanamsa, Kintan Buffet, Shaburi, dan I-tasuki harganya pun sekitar Rp200.000-Rp300.000 per orang. Ada juga restoran yang menawarkan sistem paketan menu yang berkisar Rp500.00 sampai Rp1.000.000-an tergantung paket yang dipilih oleh pelanggan. Semakin banyak pilihan dan jumlah orang yang makan, maka harga akan menyesuaikan.

Perlu diingat bahwa untuk merasakan Shabu-Shabu pastikan kocek kamu penuh terisi karena biasanya pecinta masakan Jepang tak akan datang sendirian. Nikmatnya Shabu-Shabu terletak pada kebersamaan saat menyantapnya.


Tak ada salahnya loh sesekali mencoba makanan di retoran mahal seperti restoran Jepang, karena siapa tahu saja suatu saat nanti kamu punya restoran serupa. Dengan masuk ke rumah makan Jepang maka secara tidak langsung kamu akan mengetahui bagaimana budaya penyajian makanan orang Jepang yang higienis dan tertata rapi termasuk budaya melayaninya yang ramah dan super sopan.

Bagi kamu yang ingin mencoba memasak masakan khas Jepang seperti Shabu-Shabu, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan. Kalau kamu termasuk orang yang sibuk dan gak sempat ke pasar atau supermarket, peralatan ini bisa kamu dapatkan secara online seperti di tokopedia dan Bukalapak.

Berikut adalah cara memasak Shabu-Shabu untuk porsi 2 orang. Resep Shabu-Shabu di bawah ini bisa kamu sesuaikan dengan selera lidahmu, karena urusan rasa tidak perlu diperdebatkan.

Bumbu kuah:
- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1/2 bawang bombai
- 7 butir merica
- 3 cabai rawit
- 1 ruas laos
- 1 ruas jahe
- 1 bh serai
- garam secukupnya


Bumbu tambahan:
- kecap asin
- cabe merah iris

Sayur & lauk:
- 2 pak choi
- 1/2 bh sawi putih
- jamur shitake/enoki
- daging sapi/ayam iris tipis halus

Peralatan:
- sendok kuah saring
- sendok kuah lebar
- penjepit
- mangkok
- sendok makan
- sumpit
- kompor listrik/kompor portable

Cara Membuatnya:
Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, merica bersamaan. Boleh diulek atau di blender.

Untuk porsi sekali makan, rebuslah air di dalam wadah berukuran sedang. Sambil menunggu air mendidih, masukkan serai, laos, dan jahe di dalam air. Jika sudah mendidih, masukkan irisan bawang bombai, serta racikan bawang merah, bawang putih dan merica yang tadi dihaluskan. Saring bumbu dalam wadah.

Sebelum memasukkan sayur dan lauk, pastikan semuanya sudah dalam keadaan siap makan. Iris sayuran dan daging, sajikan dalam wadah berwarna putih/transparan.

Silakan masukkan sayur dan lauk sesuai selera. Rebuslah bahan makanan dari yang teksturnya paling keras hingga yang paling lembut, seperti daging terlebih dahulu, disusul jamur, kemudian sayur-mayur. Maskan siap disantap bersama dengan irisan cabe dan kecap asin. Ingin sensasikecut? irislah jeruk/lemon untuk di peras di mangkuk masing-masing.


Selamat menikmati masakan serba rebusan, Shabu-Shabu di rumah sendiri. Ajak serta suami, keluarga, atau sahabat untuk menimati masakan Shabu-Shabu yang telah kamu buat. Itadakimasu (selamat makan)!

Posting Komentar

0 Komentar