Sponsor

Website si kembar Dina Faisal & Dita Faisal

Hangatnya Berendam Air Mineral Penuh Khasiat di Gunung Pancar


Cukup dekat dari Jakarta, pemandian air panas Gunung Pancar di kawasan Sentul Bogor menjadi pilihan dikala liburan. Tak hanya menghangatkan khasiatnya pun dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti strok dan beragam penyakit kulit.

Jangan sampai terkecoh, karena di Gunung Pancar ada dua jenis pemandian air panas, yaitu air mineral dan air belerang. Air mineral lebih banyak dikembangkan warga ketimbang air belerang. Jarak kawah hitam penghasil air mineral dianggap lebih dekat dengan permukiman ketimbang kawah merah penghasil air belerang. Itulah sebabnya warga lebih memilih mengembangan wisata pemandian air mineral air belerang.


Kalau ingin berendam air panas Gunung Pancar datanglah ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Jika dilihat dari peta digital, jaraknya sekitar 42-45 km dari Jakarta.

Pintu gerbang utama Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul
Pintu masuk pemandian air mineral Gunung Pancar, Sentul
Bagi kamu yang ingin ke lokasi pemandian air mineral Gunung Pancar, berikut rincian biaya yang harus kamu persiapkan:

  • Tiket masuk gerbang utama Taman Wisata Alam Gunung Pancar: Rp 5.000 per-orang
  • Tiket masuk mobil gerbang utama Taman Wisata Alam Gunung Pancar: Rp 10.000 
  • Tiket masuk pemandian air mineral Gunung Pancar: Rp 10.000 (dewasa), Rp 3.000 (anak-anak) *maksimal 1 jam
  • Tiket masuk kendaraan pemandian air mineral Gunung Pancar: Rp 5.000 (mobil), Rp 2.000 (motor)
  • Tiket masuk kolam keluarga (paket VIP maksimal 6 orang/ jam untuk 1 kolam)
  • Tiket masuk kolam 3 Rasa (paket murah meriah sepuasnya 24 jam): Rp 10.000 (dewasa), Rp 3.000 (anak-anak)


Pilih Kolam 3 Rasa atau Kolam Keluarga (VIP)

Jangan pernah memperdebatkan soal rasa karena setiap orang pasti punya pilihan dan selera. Jika ingin berendam sepuasnya selama 24 jam kamu bisa memilih paket Kolam 3 Rasa, sementara jika ingin merasakan kolam khusus dengan kapasitas maksimal 6 orang maka pilihlah paket Kolam Keluarga (VIP) seharga Rp 100.000,- per kolamnya untuk 1 jam.



Nama 3 Rasa dipilih agar menjadi unik. Pemilihan nama tersebut untuk mencirikan bahwa kolam 3 Rasa terdiri dari kolam air panas, air hangat, dan air dingin. Kolam 3 Rasa berada saling bersebelahan dengan ukuran yang sangat luas seluas kolam renang pada umumnya.


Apabila kolam 3 Rasa menghadirkan air panas, hangat, dan dingin, lain halnya dengan kolam keluarga (VIP) yang hanya menghadirkan satu rasa air, yaitu hanya air panas. Air mineral panas kolam keluarga langsung keluar dari pipa dan disalurkan ke kolam VIP berkapasitas maksimal 6 orang.


Petugas membersihkan kolam VIP usai pengunjung berendam
Kolam keluarga akan diisi airnya jika tamu datang, dan dibersihkan ketika tamu selesai berendam. Perawatan kolam yang khusus menjadikan kolam keluarga bertarif lebih mahal yakni Rp 100.000,- per kolam per jam ketimbang tarif masuk kolam 3 Rasa yang hanya Rp 25.000,- (dewasa) dan Rp 15.000,- (anak-anak) sepuasanya.



Berendam di kolam keluarga (VIP) air mineral Gunung Pancar akan terasa lebih romantis jika dilakukan bersama pasangan suami-isteri. Patut diingat bahwa meskipun kolam keluarga bersifat pribadi, akan tetapi ada aturan bahwa pasangan suami isteri tidak diperkenankan untuk berbuat asusila atau tindakan tidak senonoh. Kolam keluarga pemandian air panas tetap berada di tempat terbuka dan hanya dibatasi oleh sekat setinggi 30 cm.


Jika dilihat dari durasi waktu, maka sudah jelas bahwa Kolam 3 Rasa memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk berlama-lama merasakan kehangatan dan manfaat air mineral Gunung Pancar. Tapi, berdasarkan pengalaman umumnya daya tahan tubuh seseorang untuk berendam dan menghirup uap air mineral di kolam pemandian maksimal hanya 20-30 menit saja. Selebihnya, kamu harus keluar kolam untuk bertukar oksigen dan menghirup udara bebas kurang lebih 10 menit. Seandainya kamu tetap masih ingin melanjutkan berendam, maka silakan lanjutkan dengan catatan waktu seperti yang dianjurkan. Intinya, apapun yang bermanfaat pasti bagus, asalkan tidak berlebihan.


Fasilitas di Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Banyaknya pengunjung yang datang silig berganti selama 24 jam setiap hari membuat pihak pengelola pemandian air panas Gunung Pancar menyediakan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut diantaranya, lahan parkir dekat pintu masuk, jalur khusus pengguna kursi roda, rumah makan, ruang bersantai, musholla, toilet, dan ruang berganti pakaian. 

1. Lahan parkir; lahan parkir yang luas di sisi atas dan bawah dapat menampung sekitar 40-50 mobil dan puluhan motor. Meski dijaga oleh petugas, pastikan barang berharga anda dibawa ketika meninggalkan kendaraan.


2. Jalur kursi roda; jalur ini sedikit menurun sehingga pendorong kursi roda harus berhati-hati ketika membawa pasien untuk melewatinya.


3. Rumah makan; terdapat banyak rumah makan baik dekat area parkir, pintu masuk kolam pemandian, maupun di dalam kolam pemandian.


4. Ruang bersantai; hampir di setiap sisi terdapat kursi untuk menunggu dan bersantai keluarga. 


5. Musholla; tersedia ruang ibadah di sisi atas kolam pemandian sebelum mengarah pintu keluar. Untuk menjaga kesehatan bawalah peralatan sholat seperti mukena dan sarung untuk sholat.

6. Toilet dan ruang ganti; khusus kolam keluarga (VIP) terdapat 3 ruang ganti, sementara kolam 3 Rasa terdapat ruang ganti dan toilet yang dapat digunakan bersama pengunjung lainnya.



7. Toko pakaian dan alas kaki; selain makanan dan minuman, pemandian air mineral Gunung Pancar juga menjual pakaian dan sendal. Hal ini dapat membantu pengunjung jika lupa membawa pakaian ganti saat hendak berendam. 


Selamat berwisata di pemandian air mineral Gunung Pancar. Ajak serta keluarga tercinta dan sahabat agar perjalananmu menyenangkan ya. Selamat berlibur! Tonton juga video tentang Mandi Air Mineral di youtube di bawah ini ya!


Posting Komentar

0 Komentar