Sponsor

Website si kembar Dina Faisal & Dita Faisal

Kawah Merah Gunung Pancar, Tempat Pemandian Air Panas Belerang di Sentul


Meski sepintas sama, namun ternyata kawah merah dan kawah hitam di Gunung Pancar Sentul memiliki perbedaan. Pengelola pemandian air belerang mengatakan bahwa kawah merah menghasilkan air belerang yang tampah kuning kemerahan, sementara kawah hitam menghasilkan air mineral yang jernih dan menimbulkan efek hitam dipinggiran kolam penampungannya.

"Kalau yang kawah hitam itu dia di pinggir-pinggir kawahnya menimbulkan tanah yang hitam. Kalau yang di belerang di sini itu kita menyimpulkan di pinggir-pinggir kolamnya menimbulkan belerang yang warnanya merah, itu yang lebih bagus buat berobat penyakit gatal, asam urat itu lebih bagus. kalau warna air sama," terang Kang Uus yang sudah puluhan tahun meneruskan usaha pemandian air belerang yang dirintis ayahnya.

Kang Uus menunjukkan bak penampungan air belerang Gunung Pancar
Air belerang dan air meneral memiliki warna dan khasiatnya yang sama, yaitu meregangkan otot, menyembuhkan penyakit stroke, menekan gula darah (diabetes), serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain digunakan untuk berendam, ternyata air belerang juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit asma jika diminum. Namun, sebelum meminum pengunjung dianjurkan untuk berendam lebih dulu selama kurang lebih setengah jam.

"Selama 20 menit  kita berendam, 10 menit kita istirahat. Apabila perut kita kosong kita isi dulu karena takutnya kita menjaga kepala kita pusing dan walaupun ada disini terjadi misalnya pingsan atau kenapa disini jangan kaget, karena paling lambat 5 menit itu sudah bisa sembuh lagi karena dikasih minum air ini," ujar Kang Uus, yang kerap mengantarkan tamunya ke puncak Kawah Merah.


Berjarak sekitar 40-50 km dari Jakarta, wisata Kawah Merah sudah bisa ditemui. Gunakan GPS untuk menuju ke lokasi ini. Arahkan saja GPS menuju ke Jungle Land, karena pemandian Kawah Merah masih belu tapak di mesin pencarian petunjuk arah google map atau waze. Sekitar 500 meter dari pintu masuk Jungle Land Sentul, akan tampak petunjuk jalan yang mengarah ke sisi kanan atas menuju ke tempat pemandian air belerang kawah merah, Gunung Pancar.

Lokasi parkir di depan rumah warga
Kondisi jalan yang bagus membuat pengendara roda dua dan empat aman berkendara ke lokasi pemandian air belerang kawah merah Gunung Pancar. Umumnya, pengunjung datang pada malam hari karena udara malam hari yang cenderung sejuk untuk berendam air panas. Sebelum menuju ke kolam pemandian air belerang Gunung Pancar, kamu akan melewati area lahan parkir untuk memarkirkan kendaraan dengan biaya Rp10.000 - Rp 20.000,- serta tiket masuk ke area kolam pemandian Rp 10.000,- per-orang. Lokasi loket pembelian tiket berada di rumah warga tepatnya di dalam gang setelah area parkir kendaraan.


Loket pembelian tiket masuk dikelola warga
Jika kamu enggan untuk berjalan kaki, warga juga siap mengantarkanmu dengan motor ke lokasi pemandian air belerang kawah merah. Biaya antar tergantung kesepakatan dengan warga sekitar. Jika pergi di pagi hingga sore hari, maka pemandangan alam persawahan dan tanaman pisang akan mengawal perjalanmu sampai tiba di lokasi pemandian air panas Gunung Pancar.

Sepanjang jalan terdapat persawahan dan tanaman pisang
Awas jangan terkecoh! Pasalnya ada dua tempat wisata pemandian air Gunung Pancar, yakni pemandian air mineral atau yang disebut kawah hitam dan pemandian air belerang atas yang disebut kawah merah. Rutenya jauh berbeda loh. Jika ingin pemandian air mineral kamu sebaiknya memilih rute pemandian air mineral Gunung Pancar yang jaraknya sekitar 250 meter dari gerbang utama Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Gerang utama Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Satu kolam rata-rata dapat diisi 7-10 orang, namun ada pula bak khusus untuk kamu yang ingin menjaga privasi, meski dengan sedikit biaya tambahan. Selain merasakan hangatnya air belerang seharga Rp 10.000,- (dewasa) dan Rp 5.000,- (anak-anak), kamu juga bisa melihat langsung puncak Kawah Merah Gunung Pancar di Sentul Bogor, Jawa Barat. 

Kang Uus, pengelola kolam pemandian air belerang kawah merah

Jika sudah berendam air belerang dan berminat untuk berpetualang menuju Kawah Merah, mintalah kepada warga sekitar untuk diantar ke puncak Kawah Merah. Dengan berjalan kaki dan melalui medah jalan yang sedikit menukik dengan kemiringan sekitar 30 derajat, kamu akan memukan rahasia Kawah Merah yang telah ditemukan sejak zaman dahulu kala. Kawah Merah merupakan sumber air belerang yang berada di salah satu puncak Gunung Pancar.

Puncak kawah merah sumber air belerang gunung Pancar
Suhu Kawah Merah adalah 95 derajat celsius. Tentu suhu yang sangat panas karena dekat dengan titik didih. Oleh karenanya, aga pengunjung bisa menikmati air belerang kawah merah maka warga berinisiatif membuat bak penampung sampai tiga kali penyaringan guna mendinginkan suhu air belerang yang keluar dari mulut kawah merah Gunung Pancar.

Sudah puas berpetualang dan mandi air panas belerang? Berilah tips karena kamu sudah diantar oleh warga ke puncak Gunung Pancar. Kini, saatnya untuk berkeliling ke lokasi wisata berikutnya di kasawan Gunung Pancar, seperti pemandian air mineral, air terjun curug bidadari, dan berfoto dengan latar pemandangan alam hutan pinus di tanjakan dekat pintu gerbang utama kawasan wisata Gunung Pancar. Selamat berwisata. Video lengkapnya bisa disaksikan di youtube di bawah ini ya!


Posting Komentar

0 Komentar