Sponsor

Website si kembar Dina Faisal & Dita Faisal

Nagih! Plecing Kangkung, Masakan Khas Lombok Terasinya Betul-Betul Menggoda


Mudah cara buatnya, rasanya pun nikmat dan bikin ketagihan. Plecing kangkung adalah salah satu makanan  khas masyarakat suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Plecing kangkung disajikan dengan tahu dan tempe sebagai lauk, serta terong yang kesemuanya dimasak dengan cara dikukus.


Bahan masakan plecing kangkung sama seperti bahan masakan pecel khas Jawa Timur, bedanya hanya terdapat pada bumbunya saja. Jika pecel memakai bumbu kacang, maka plecing kangkung memakai bumbu dari cabe dan terasi lombok. Terasi Lombok itulah yang menjadikan bumbu plecing kangkung berbeda dari sambel ulek pada umumnya. Penasaran dengan apa saja yang harus disiapkan ketika memasak plecing kangkung khas Lombok? Yuk kita intip bahannya berikut ini:


Bahan makanan:
- Kangkung 2 ikat, iris dan kukus
- Kecambah panjang secukupnya, kukus
- Kacang sangrai
- Kelapa yang telah diparut
- Timun iris tipis
- Terong kukus utuh
- Tempe iris tipis
- Tahu iris tipis

Bumbu:
- 1 buah tomat merah
- 5 buah cabe rawit merah
- 1 buah bawang putih
- 1 sendok makan terasi lombok yang telah di sangrai
- garam secukupnya

Terasi Lombok membuat rasa plecing kangkung jadi berbeda 

Cara membuat:
Kukus terpisah bahan makanan mulai dari kangkung, kecambah, terong, tempe dan tahu. Jika ingin digoreng maka tempe tahu bisa digoreng sesuai selera. Jangan terlalu lama mengukus sayur, cukup 5-7 menit atau jika sudah terlihat lembut, angkat dan pindahkan ke dalam wadah.

Satukan kangkung dan kecambah yang telah dikukus dalam satu wadah, taburi dengan sambal yang telah diulek hingga menyatu, kemudian taburi dengan kacang sangrai, dan parutan kelapa secukupnya.


Sajikanlah masakan dengan menarik agar menggugah selera makan keluarga. Selamat mencoba dan selamat menikmati. Tonton video di bawah ini tentang cara membuat bumbu plecing kangkung khas Lombok.


Posting Komentar

0 Komentar